Melestarikan Hewan Langka, Mulai dari Lingkungan Sekitarnya memiliki manfaat tersendiri. Manfaatnya akan bisa kita rasakan dari dampaknya lingkungan disekitar. Untuk mengetahui apa saja manfaatnya, yuk kita langsung saja cermati perbincangan selengkapnya yang ada di bawah ini.

Melestarikan Hewan Langka, Mulai dari Lingkungan Sekitarnya

Segudang Manfaat Melestarikan Hewan Langka

Hewan yang termasuk langka sebenarnya hampir punah. Oleh karena itu, sudah semestinya melestarikan hewan tersebut agar tidak benar-benar punah.

Berbicara mengenai pelestarian hewan langka, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan nantinya. Adapun beberapa manfaatnya ialah sebagai berikut.

Menjaga Keseimbangan Ekosistem

Melestarikan Hewan Langka, Mulai dari Lingkungan Sekitarnya, Salah satu manfaat melestarikan hewan langka yaitu bisa menjaga keseimbangan ekosistem. Hal ini karena keberadaan hewan langka tersebut berperan penting dalam rantai makanan.

Apabila hewan langka tidak benar-benar punah, maka rantai makanan tak akan terputus. Begitu pula sebaliknya. Hewan langka yang punah akan memutus rantai makanan.

Karena rantai makanan terputus, maka keseimbangan ekosistem juga goyah. Hal ini tidak hanya berdampak terhadap hewan lainnya, melainkan juga tumbuhan maupun makhluk hidup lain.

Dalam menjaga keseimbangan ekosistem ini sendiri bisa mengawalinya mulai dari lingkungan sekitarnya. Dengan begitu, hewan langka tersebut bisa hidup sebagaimana mestinya di lingkungan tempatnya berasal.

Mencegah Kepunahan

Sebagaimana yang sudah kita singgung tadi bahwa hewan langka itu terbilang hampir punah. Apabila melestarikannya, sama saja telah berupaya untuk mencegah terjadinya kepunahan.

Saat hewan benar-benar punah, maka tak akan ada hewan yang sama. Karena punah, kita jadi kesulitan untuk mengenalkannya ke generasi selanjutnya.

Oleh karena itu, cegah kepunahan sebaik mungkin dengan melestarikan hewan langka. Selain memberikan warisan dari generasi selanjutnya,

Menunjang Ilmu Pengetahuan

Tak banyak yang menyadari bahwa ternyata melestarikan hewan langka juga memiliki manfaat untuk menunjang ilmu pengetahuan. Hal ini karena ilmu pengetahuan memang mencangkup banyak wawasan.

Wawasan seputar hewan langka pun turut jadi salah satu bagiannya. Apabila mampu mempertahankan hewan langka, sama saja telah melestarikan keanekaragaman hayati sehingga baik untuk ilmu pengetahuan.

Ilmu pengetahuan ini juga berdampak positif di lingkungan masyarakat. Khususnya untuk menambah wawasan di lingkungan masyarakat.

Sebagai Tempat Hiburan

Perlu untuk diketahui bahwa ternyata melestarikan hewan langka juga memiliki manfaat tersendiri sebagai sarana hiburan. Hal ini karena pelestarian hewan langka tersebut bisa bermanfaat jadi tempat hiburan seperti halnya kebun binatang atau taman rekreasi.

Keberadaan kebun binatang ini sebenarnya juga bisa menjadi alternatif untuk mengenalkan hewan-hewan ke masyarakat luas. Selain menambah edukasi, keberadaan kebun binatang juga baik untuk mencegah kepunahan hewan langka.

Kendati demikian, kebun binatang atau taman rekreasi yang menggunakan hewan langka perlu menerapkan pelayanan terbaik. Jangan sampai hewan langka tersebut merasa terkekang karena tidak berada di tempat asalnya.

Saat hewan langka merasa terkekang di kebun binatang atau taman rekreasi, akan berdampak buruk terhadap tumbuh kembangnya. Hal ini justru memperbesar risiko kepunahan.

Definisi Hewan Langka

Selain mengetahui apa saja manfaat melestarikan hewan langka, tentu perlu juga untuk memahami apa saja jenisnya. Namun sebelumnya, pahami dulu pengertian hewan langka.

Pada dasarnya, hewan langka merupakan hewan dengan jumlah yang sangat sedikit di dunia ini. Setidaknya kurang dari 10.000 ekor. Karena jumlahnya sedikit, orang-orang jadi kesulitan untuk menemukannya.

Hewan cenderung langka apabila populasinya mengalami penurunan secara cepat. Penurunan populasi ini bisa terjadi karena perkembangbiakan melambat, jumlah betina menipis dan pemburuan liar semakin merajalela. Untuk jenis hewan langka pun sangat beragam. 

Jenis Hewan Langka

Untuk hewannya seperti komodo, orang utan, harimau sumatera, anoa, penyu hijau, ikan gergaji bergigi besar, ikan pari hiu dan kura-kura berleher ular.

Jenis hewan langka ini juga mencangkup berbagai jenis burung. Sebut saja burung cendrawasih, burung maleo, burung kakatua jambul kuning, burung caerulen paradise dan burung jalak bali.

Badak bercula satu memiliki populasi yang terus menurun drastis karena perburuan liar. Pemburu hanya mengambil culanya karena memiliki harga mahal.

Selain di Indonesia, badak bercula satu juga ada di Asia Tenggara, Tiongkok dan India. Untuk mengatasi kepunahan badak bercula satu, tentu harus memberantas perburuan liar. Dengan begitu, untuk merasakan manfaat melestarikan terhadap hewan langka.

Penurunan populasinya karena perburuan liar sejak 1800-an dan perubahan temperatur laut. Hal ini harus segera mendapat perhatian serius agar populasinya tidak terus menurun.

Salah satunya ialah belangkas. Hewan ini termasuk langka dan hampir punah sehingga mendapatkan perlindungan berdasar peraturan internasional maupun nasional.

Jenis belangkas yang mendapat perlindungan ini pun beragam. Mulai dari belangkas besar, belangkas tiga duri sampai dengan belangkas padi.

Jenis hewan langka tersebut harus segera mendapatkan perlindungan dan upaya penyelamatan. Jika tidak, maka hewan langka ini akan semakin langka dan punah.

Kesimpulan:

Setelah menyimak uraian di atas, tentu sudah bisa tahu apa saja manfaat melestarikan hewan langka mulai dari lingkungan sekitarnya. Selain mengetahui manfaatnya, pahami pula berbagai jenis hewan langka yang ada di dunia saat ini. Kita bisa melihat dengan jelas bahwa kehadiran hewan langka sangat penting untuk di lestarikan supaya tidak punah dengan begitu saja.